Akses Internet

   Internet Service Provider

 Jasa layanan koneksi ke internet disebut dengan Internet Service Provider(ISP). Karena itu, jika ingin menghubungkan komputer kita ke internet, kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP tertentu. ISP tersebut merupakan penghubung ke internet. kemudian kita akan dikenakan biaya atau jasa layanan yang diberikan oleh ISP yang kita gunakan.
 Saat ini ada banyak perusahaan jasa layanan internet(ISP) yang ada di Indonesia.ISP-ISP di indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia(APJII).
 Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP. kriteria-kriteria tersebut antara lain ,sebagai berikut:

1.Kecepatan transfer data

 Satuan kecepatan tansfer data adalah byte per second (bps). artinya, banyak bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam satu detik. Pada umumnya, ISP yang ada di Indonesia menggunakan modem berkecepatan 28,8;33,6 atau 56 kbps. Sayangnya kecepatan jaringan telepon yang ada di Indonesia masih berkisar antara 9,6 kbps hingga 28,8 kbps.

2.Bandwidth

 Bandwidth adalah lebar saluran data yang melewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer. Bandwidth dapat diibaratkan sebagai sebuah jalan raya yang dilewati oleh banyak kendaraan(data-data) secara bersamaan.

3.Memiliki server proxy

  Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan.Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan cepat. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwidth karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.

 4.Memiliki backbone

 Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Pembuatan backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Kebanyakan, ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain.

5.Keamanan data

 Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan Firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan.

6.Biaya.

 Biaya merupakan salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah ISP. Kita perlu mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP. Kita juga mempertimbangkan bahwa selain membayar biaya untuk askes internet ke ISP.
 Beberapa ISP juga memberikan pilihan pembayaran dengan menggunakan sistem paket.Biasanya paket akan lebih murah bila dibandingkan dengan sistem pembayaran per waktu pemakaian.


7.Layanan yang diberikan

  Kita juga perlu tahu layanan apa saja yang disediakan oleh ISP. Apakah ISP tersebut memberikan account e-mail? Berapa besar account e-mail tang disediakan? Apakah e-mail tersebut mendukung POP3? Apakah ISP tersbut dilengkapi dengan spam filter? Dan berbagai layanan yang lain.

8.Hardware

  Kita juga perlu tahu berapa banyak modem yang dimiliki oleh sebuah ISP, Kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan per modem. Hal tersebut perlu kita ketahui karena akan mempengaruhi layanan yang akan kita dapatkan dari ISP tersebut.

9.Teknologi yang digunakan.

 Kita jug perlu thu apa saja yang dimiliki oleh sebuah ISP, untuk meningkatkan kinerjanya. Sedangkan untuk layanan koneksi internet dengan 3G, beberapa penyedia layanan menggunakan teknologi HSDPA(High Speed Downlink Packet Access) memungkinkan kecepatan akses data hingga 2,6 Mbps.









































0 Response to "Akses Internet"

Post a Comment