Pilih Linux atau Windows ?

Ini Kue kesukaan Hacker! Virus? No.
Windows tidak aman sedang Linux itu aman. Aman dari apa? Di dunia internet (khususnya server), keamanan adalah nomor satu. Pemilik server selalu wanti-wanti akan serangan Hacker. Hacker adalah maniak komputer yang pintar. Kebanyakan orang memandang hacker itu buruk padahal tidak begitu, meski banyak hacker menerobos server orang lain. Nah, di sinilah linux mendominasi. Dari seluruh dunia, lebih dari 50% server menggunakan Linux. Karena apa? Aman. Saya tidak bilang server linux tidak bisa ditembus. Tapi setidaknya jauh lebih sulit ditembus dari pada server dengan Windows, tergantung Adminnya, si pengurus server. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa server Windows paling sering menjadi bulan-bulanan para hacker, sebagai pemanasan sebelum menerobos system server varian UNIX/Linux.
Apa hubungannya? Saya cuma pengguna komputer pentium 3 di kamar saya, bukan sebuah server. Nah, disinilah perbedaan yang menguntungkan kita jika menggunakan Linux.
  Kita tahu bahwa virus komputer yang selama ini mengganggu kita adalah buatan para hacker. Nah, kita juga tahu bahwa Linux adalah Operating System kesukaan para hacker. Buat apa orang yang suka kue donat menaruh racun di donat yang ingin ia makan saat itu juga? Setidaknya itulah analisis saya mengapa hampir tidak ada virus untuk Linux. Alasan lain adalah karena struktur sistem Linux sangat berbeda dengan Windows. Virus Windows TIDAK MEMPAN untuk Linux. Dalam Linux dikenal aturan permission. Anda ingin menginstall Counter Strike di Linux. Sistem akan bertanya : Apakah anda punya hak?
Ini sebuah perlindungan. Dalam Linux, dikenal user super dan user biasa. User di sini maksudnya account pengguna. User super disebut juga root, adalah user yang berhak mengutak-atik sistem seenak udelnya dan dia bertanggung jawab atas kelangsungan hidup sistem. User biasa ya user biasa, hanya berhak menggunakan aplikasi yang sudah diinstall dan mengelola filenya sendiri. Definisi ini sangat kental di server dan jaringan. Di desktop agak lunak. Anda sendirilah root. Siapa user biasa? Anda sendiri. Jadi kalau ada virus yang mau masuk, ia akan di tanya ‘Apakah anda punya hak?’. Kalau anda mau virus itu aktif, anda harus menjalankannya sebagai root (ini mah bodoh namanya). Itulah sebabnya mengapa semua virus Windows tidak mempan di Linux. Lagi pula virus Windows dikompilasi untuk Windows, bukan Linux.
Jadi silahkan anda pilih sendiri Antara Linux Atau Windows :D

0 Response to "Pilih Linux atau Windows ?"

Post a Comment