6 Manfaat Bawang Putih agar Sehat Sepanjang Tahun

Kandungan Gizi Bawang Putih
Banyak sekali kandungan gizi yang terkandung dalam bawang putih. Kadar air bawang putih ternyata cukup tinggi, yaitu sekitar 63-90ml dengan komponen utama berupa protein, karbohidrat, dan lemak. Sedangkan sebagai komponen mikron di dalam bawang, terdapat kalsium, besi, provitamin A, dan serat (crude fiber).

Penasaran dengan manfaat bawang putih yang baik untuk kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat bawang putih:

Sulfur, Antibiotik Alami dan Pereda Flu-Batuk
Salah satu zat aktif yang keluar ketika bawang putih segar dihancurkan dengan cara dicincang atau ditumbuk adalah sulfur (belerang). Zat ini berperan sebagai antibiotik yang efektif bagi tubuh.  Kandungan sulfur dalam bawang putih dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membrane mucouspada saluran pernapasan. Efeknya yaitu melegakan pemampatan dan membantu mengeluarkan lendir.

Penelitian di Los Angeles terhadap penderita kripto (tergolong IO: Infeksi Oportunistik, terjadi karena sistem pertahanan tubuh melemah karena penyakit atau paparan obat) membuktikan bahwa bawang putih baik bagi kekebalan tubuh karena mengandung antibakteri dan antijamur.

Bawang putih dapat menjadi obat alternatif untuk flu dan batuk, jika pulsker malas mengonsumsi obat kimia :D

Selain itu, bawang putih mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

Antiaging dan Antikanker
Bawang putih dapat menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan, juga dapat membantu menghambat proses penuaan. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Yongxiang Zhang dari Universitas of Tokyo.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Memorial Sloan Kattering Cancer Center menemukan bahwa bahan kimia SAMC di dalam bawang putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Peneliti dari Penn State University merekomendasikan untuk membiarkan potongan atau cincangan atau tumbukan bawang putih minimal 10 menit untuk memberikan waktu agar terbentuk kandungan-kandungan yang dapat membantu memerangi kanker agar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Bau khas bawang putih ternyata berasal dari allicin”

Antistres
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh DR. Gilles Fillion dari Institute Pasteur Perancis, bawang putih mampu membantu melepaskan serotonin, zat yang mampu mengendalikan rasa cemas, murung, rasa sakit, agresif, stres, kurang tidur, dan kurang ingatan. Kadar serotonin yang dikeluarkan tersebut tergolong tinggi sehingga dapat digunakan sebagai penenang dan memberikan efek menentramkan. Dalam hal ini peran bawang putih sebagai penormal sistem produksi serotonin.   

Mengurangi Risiko Komplikasi Pre-eklampsia
Beberapa ibu hamil menderita gejala pre-eklamasi , yaitu meningkatnya tekanan darah sdan kandungan protein dalam urine. Untuk mengurangi gejala tersebut, dapat mengonsumsi tablet bawang putih secara standar selama masa kehamilan.

Vitamin dan Mineral Penting
Zak aktif lain yang terdapat dalam bawang putih adalah asam amino; zat mineral, seperti: germanium, selenium, zink; dan vitamin A, B, dan C.

Perlu diingat kawan, bahwa konsumsi bawang putih yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Aroma khas bawang putih yang bisa mengganggu. Selain itu, bawang putih dapat mengurangi kemampuan darah untuk membeku. Walaupun penelitian menengai manfaat bawang putih belum begitu banyak dilakukan, tetapi penggunaannya sebagai rempah tetap aman.

Itulah manfaat dari bawang putih, yuk share artikel ini agar kawan dan sahabat makin suka bawang putih :D

0 Response to "6 Manfaat Bawang Putih agar Sehat Sepanjang Tahun"

Post a Comment