Waspada Ternyata Cahaya Flash Kamera Bisa Sebabkan Bayi Buta Permanen

Sebagian besar orang tua pada saat ini cenderung senang mengambil gambar atau foto buah hati mereka, dari mulai lahir ke dunia sampai anak tersebut beranjak besar.
 
Tetapi, perlu diperhatikan bahwa sinar flash dari kamera ternyata sangat berbahaya bagi bayi anda terutama bagian mata. Jangan sampai Anda mengalami kisah menyedihkan yang terjadi di Cina berikut ini.

Seorang bayi yang baru berusia 3 bulan di China mengalami kebutaan permanen, akibat terkena kilatan cahaya flash dari kamera.

Kisah ini terjadi ketika seorang kerabat dari orang tua bayi tersebut mengambil foto sang bayi dari jarak dekat atau “close-up” dan lupa mematikan fungsi flash pada kameranya.

Mata sang bayi yang terkena radiasi tersebut, memerah dan kemudian dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa.
Setelah mendapatkan pertolongan medis sang dokter menjelaskan, kalau cahaya flash dari kamera tersebut telah menyebabkan kerusakan permanen pada mata sang bayi.

Kerusakan terjadi pada bagian macula, yaitu bagian mata yang berfungsi sebagai pusat penglihatan.

Menurut tim dokter yang memeriksanya, saat ini bayi tersebut mengalami pengurangan fungsi penglihatan pada mata sebelah kirinya, dan kebutaan total pada mata kanannya.

Belakangan diketahui kalau kamera yang mengambil foto bayi malang itu, hanya berjarak sekitar 25 sentimeter dari wajah sang bayi.

Bagian macula pada mata bayi belum terbentuk dengan sempurna sampai mereka berusia 4 tahun, hal inilah yang membuat mata bayi sangat rentan terhadap cahaya yang sangat menyilaukan, contoh salah satunya adalah cahaya flash pada kamera.

Dengan adanya peristiwa seperti ini, diharapkan agar para orang tua lebih berhati-hati ketika mengambil gambar bayi-bayi mereka, karena kecerobohan seperti ini ternyata berdampak besar bagi masa depan sang bayi.

0 Response to "Waspada Ternyata Cahaya Flash Kamera Bisa Sebabkan Bayi Buta Permanen"

Post a Comment