7 Latihan Sederhana yang Bisa Membentuk Tubuhmu Hanya Dalam 4 Minggu


1. Plank


Plank adalah latihan statis yang berarti kamu tidak perlu bergerak saat melakukannya. Untuk tahu posisinya, kamu cukup mengikuti contoh pada gambar yaitu menopang badan dengan kekuatan siku, lengan dan kaki. Hal penting yang harus diingat adalah punggungmu harus lurus sempurna. Tapi jika ada kamu merasa kesulitan menjaga keseimbangan tubuh, berarti ada yang salah dengan posisimu.


Posisi ini akan membuat otot-ototmu bekerja seperti ABS (Abdomens atau otot perut), lengan otot, punggung, dan otot paha anterior.

2.  Push-ups


Untuk melakukan push-up yang benar,lakukan plank pada posisi awal, kemudian dorong naik turun tubuhmu dengan menggunakan tangan sebagai topangannya.

Gerakan ini akan membuat lengan dan ABSmu kencang. Langkah selanjutnya adalah kembali ke posisi awal selambat mungkin.

3.  Toning Paha dan Otot Bawah


Mulailah latihan seperti yang ditunjukkan pada gambar,topanglah tubuhmu dengan tangan dan lutut. Kemudian regangkan satu kaki dan berusahalah agar posisi tangan dan kaki tetap lurus. Setelah itu lakukan hal yang sama pada kaki dan lengan lainnya.


4.  Squats


Posisi squat adalah tentang keseimbangan tubuh. Letakkan kaki selebar bahumu, kemudian mulailah berjongkok seolah perlahan-lahan duduk di kursi imajiner rendah. lutut dan kaki harus membentuk garis lurus. Cobalah untuk menarik punggungmu sejauh yang kamu bisa.


Kamu juga dapat membantu menjaga keseimbangan dengan meregangkan lengan seperti yang ditunjukkan pada gambar. Ketika posisi turun, mulai mendorong diri selambat mungkin.

5.  Ab exercises


Berbaring telentang dan regangkan lenganmu ke atas, kemudian perlahan-lahan angkatlah salah satu kakimu, lalu tekuklahlah lutut, dan luruskan tanganmu searah 90o (lurus searah jam 12) seperti yang kamu lihat di bawah ini. Kembali ke posisi awal dan ulangi dengan kaki dan lengan yang lain.


Jangan lupa tentang aturan utama di sini - lengan kiri dengan kaki kanan begitu juga dengan sebaliknya.

6.  ABS Bokong


Pertama, posisikan tangan dan kakimu sehingga tubuh membentuk segitiga di atas lantai. Angkat salah satu kakimu setinggi yang kamu bisa seperti yang terlihat pada gambar, kemudian turunkan perlahan-lahan dan cobalah untuk menyentuh ujung hidungmu dengan lutut. Kembali ke posisi awal dan lakukanlah hal yang sama dengan kaki yang lain.


7.  Pinggang


Mengambil posisi kaki yang agak lebar dan berdiri sedikit rendah dengan punggung bersandar ke dinding. Kemudian ambillah bola sama seperti yang ditunjukkan pada gambar dan gerakkan tanganmu dari sisi ke sisi, cobalah hingga menyentuh dinding. Yang paling penting disini adalah jagalah posisimu agar tetap tegak.



*Tips Sehat :


Rencana Empat Minggu

  • Minggu 1: 

Lakukan hal berikut selama 6 hari:

2 menit Plank;

1 menit push-up;

1 menit abs dan toning paha;

1 menit abs;

1 menit abs dan bokong;

1 menit pinggang;

2 menit Plank.

kamu bisa beristirahat 10 detik antara latihan.

  • Minggu 2:

Pergantian set berikut selama 6 hari.

Set 1:

3 menit Plank;

3 menit abs;

3 menit toning paha dan bokong.

kamu bisa beristirahat 15 detik antara latihan.

Set 2:

3 menit pinggang;

3 menit push-up;

3 menit abs dan bokong.

Kamu bisa beristirahat 15 detik antara latihan.

  • Minggu 3: ulangi set 1 selama seminggu.


  • Minggu 4: ulangi set 2 selama seminggu.


Jika kamu melakukan semuanya dengan benar, dijamin kamu bakalan akan mencapai hasil yang luar biasa hanya dalam waktu satu bulan. Kamu juga bisa menjadikan latihan ini sebagai kebiasaan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

0 Response to "7 Latihan Sederhana yang Bisa Membentuk Tubuhmu Hanya Dalam 4 Minggu"

Post a Comment