7 Bagian Tubuh Ini Cepat Menua? Apa Saja Ya?

Seiring bertambahnya usia kita, kondisi tubuh kita semakin menurun. Walaupun terkadang tidak terlihat secara drastis tapi penurunan kondisi tubuh tersebut perlahan menurun. Tapi jangan khawatir, bertambahnya usia bukan penghalang kita untuk beraktivitas. Justru menuntut kita untuk banyak beraktivitas dan gerak. Tak lupa pula olahraga dan menjaga pola hidup sehat menjadi modal utamanya.

Penuaan pada manusia biasanya juga ditandai dengan memutihnya rambut secara perlahan. Selain itu penuaan juga bisa dilihat dari kulit yang tidak kencang lagi atau keriput. Namun, tahukah kalian tidak hanya rambut dan kulit saja lho yang cepat mengalami penuaan?. Bagian tubuh lain juga berpotensi cepat menua. Apa saja bagian tubuh tersebut? Ini dia, sebagaimana dihimpun dari sumber IDN times.

1. Mata

Bagian tubuh yang pertama yang dapat mengalami penuaan secara cepat adalah mata. Mata sendiri merupakan panca indera yang vital bagi hidup kita. Mengapa bisa begitu?, menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah-Puri Indah dr. Susie Rendra, Sp. KK ini mengatakan bahwa "Mata mempunyai kulit yang lebih tipis dibandingkan dengan bagian yang lain dari tubuh. Mata juga rentan dengan pergerakan wajah seperti mengeryit atau memincing", ujar mbak dokter.


2. Bibir

Kalian juga tidak bakalan menyangka jika bibir kita cepat menua lho. Sama halnya dengan mata, bibir juga memiliki kulit yang tipis lho dan jarang dirawat. Perlu diingat nih, bagi kalian yang suka monyong-monyongin bibir pas selfie, hal tersebut sebenarnya tidak dianjurkan lho biar tidak cepat menua.

3. Kulit Leher

Selanjutnya ada kulit di sekitar leher yang cepat menua nih. Walaupun tidak setipis mata atau bibir, kulit disekitar leher masih tergolong tipis. Leher pula rentan terhadap keadaan dari luar, seperti terkena sinar matahari. Apalagi kalau tidak terawat, bakal cepet menua.


4. Rambut

Nah, ini tadi yang kita omongin yang menjadi ciri khas penuaan,yaitu rambut. Selain dipengaruhi faktor usia rambut beruban juga dikarenakan kondisi rambut akibat terkena paparan matahari dan bahan kimia lainnya lho. Mumpung masih muda, rawatlah rambut kalian baik-baik, bisa memakai shampoo khusus untuk perawatan,vitamin rambut, dsb.

  

5. Tangan

Bagian tubuh lainnya yang cepat mengalami penuaan adalah tangan. Hal ini tidak mengherankan ya, mengingat tangan bagian tubuh yang bekerja paling keras dalam aktivitas sehari-hari, ya kan?

 

6. Lutut

Daerah kaki yang cepat mengalami penuaan adalah lutut. Selain itu naik-turunnya berat badan kita juga berpengaruh lho pada lutut. Makanya usahakan agar berat badan kita normal ya?


7. Dada

Kalau bagian yang satu ini nih, pasti kalian tidak asing dan menjadi daya tarik tersendiri. Bagian tubuh tersebut adalah dada? loh kok disitu? Ternyata, wilayah disekitar dada juga berpotensi mengalami percepatan penuaan. Mulai sekarang mulailah hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tidak cepat tua ya.

0 Response to "7 Bagian Tubuh Ini Cepat Menua? Apa Saja Ya?"

Post a Comment